5 Cara Praktis untuk Mengurangi Kecanduan Bermain Game

Game


Tidak ada satu pun di dunia ini yang baik jika dilakukan berlebihan, begitu juga dengan aktivitas gaming yang kita cintai ini. Ada kewajiban di luar sana yang mesti dipenuhi, ada orang lain di luar sana yang harus diajak berinteraksi.

Namun, terkadang hasrat bermain game membuat kita lupa waktu dan lupa segala hal. Saya sendiri pernah mengalami hal tersebut di mana sehari-hari saya hanya tidur, makan, solat, dan main game saja.

Tentunya kita ingin menghindari hal semacam ini terjadi. Apalagi kalau kamu sudah punya pekerjaan atau berkeluarga. Lalu apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan atau mengurangi kecanduan game? Berikut adalah berbagai tip yang telah saya rangkum dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.
Buat Batasan Waktu Kamu Bermain

Clock | Photo

Sewaktu kecil, orang tua saya hanya membolehkan saya dan adik-adik bermain di akhir pekan saja, itu pun hanya setelah kami mandi terlebih dahulu. Di hari Minggu, kami sudah harus berhenti bermain pada pukul 5 sore.

Pembatasan ini menurut saya sangat ampuh dalam meredam hasrat saya untuk bermain game. Terbukti ketika saya kuliah dan indekos, jam bermain game saya langsung tidak terkontrol dan kecanduan akan video game saya semakin menjadi-jadi.

Jadi, buatlah waktu tertentu untuk kamu bermain di mana tidak ada yang bisa mengganggumu, tetapi di luar jam itu kamu harus berhenti. Jika kamu tinggal bersama orang tua atau sudah berkeluarga, ada baiknya mereka juga mengetahui akan hal ini agar bisa membantu mengingatkan dan juga tidak mengganggumu saat sedang asyik bermain.
Bermain Bersama Teman-Teman yang Sibuk

Friendzone

Yang juga menyukai game tentunya. Ketika kamu bermain bersama mereka, pada suatu waktu mereka harus melakukan sesuatu dan sesi bermain pun mesti selesai. Memang bukan hal yang mudah mencari teman seperti ini. Tetapi jika kamu memilikinya, “manfaatkanlah”.
Jangan Jadi Perfeksionis

[ads-post]

Finish All Games | Meme

Seperti yang Risky jabarkan pada artikel tentang bagaimana cara menghindari diri dari tenggelam dalam game open world, ketika kamu bermain janganlah jadi terlalu perfeksionis. Tahanlah dirimu untuk mengejar semua achievement, lokasi, rahasia, dan sebagainya.

Terimalah bahwa waktumu di dunia nyata lebih penting daripada mengejar lima persen terakhir dari game favoritmu. Tamatkan dulu game yang sedang kamu mainkan segera, baru nanti eksplorasi lebih jauh di saat kamu punya waktu luang.
Perbanyak Aktivitas di Luar

olahraga

Berolahraga secara rutin, pergi bersama keluarga, dan aktivitas keluar rumah lainnya bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengurangi kecanduanmu akan video game. Selain itu kamu juga menjadi lebih sehat tentunya.
Baca Walkthrough!

Walkthrough

Terkadang ada ego di dalam diri ini (termasuk saya) yang tidak ingin sama sekali melihat walkthrough. Akibatnya, banyak sekali waktu terpakai untuk mencoba ini itu, mengulang karena gagal, atau bereksplorasi mencari rahasia-rahasia tersembunyi.

Bagaimana pandangan kamu sendiri soal walkthrough? Bahas di sini yuk!

Jika kamu merasa waktumu banyak terbuang karena hal ini, maka sudah waktunya kamu tanggalkan ego (iya, saya mengatakannya kepada diri sendiri) dan mulai membaca walkthrough. Niscaya waktu bermain kamu akan jauh lebih singkat.

Itulah lima tip untuk mengurangi kecanduan terhadap game yang bisa saya sampaikan. Mungkin tidak semuanya perlu kamu lakukan, tergantung kepada seberapa tingkat kecanduanmu dan juga keadaan kamu saat ini. Kamu bisa mulai dari satu tip yang paling mungkin kamu laksanakan dan berkomitmen untuk menjalankannya.

Apakah kamu punya tip lain untuk menghilangkan atau mengurangi kecanduan akan game? Yuk bagikan di sini!

5 Cara Praktis untuk Mengurangi Kecanduan Bermain Game